Friday, July 11, 2014

Sebaiknya Saya Pilih Jus Buah atau Buah Segar?

Walaupun Jus Buah Lebih Mudah Diserap Tubuh, Tapi Buah Segar / Buah Potong punya lebih banyak
Manfaat seperti serat yang bagus untuk pencernaan dan mengobati sembelit.

Bagi yang malas mengkonsumsi buah, maka kita akan disarankan para ahli gizi untuk memperoleh manfaat buah dengan cara dibuat jus. Selain lebih mudah dalam mengkonsumsinya, jus buah juga lebih mudah untuk diserap oleh tubuh.

Perlu Anda ketahui, untuk mendapatkan manfaat maksimal dari nutrisi yang terkandung pada jus buah, sebaiknya jus dibuat tanpa gula tambahan (gula cair/gula pasir) ataupun sirop. Biarkan rasa manis berasal dari buah itu sendiri (fruktosa). Ini dianjurkan karena pemberian gula tambahan dan sirop malah akan mengurangi khasiat dari buah-buahan yang dibuat jus tersebut.

Selain itu, sebaiknya segera minum jus buat baru saja dibuat. Bila disimpan terlalu lama, vitamin yang ada dapat rusak oleh oksigen dan ultraviolet yang ada di sekitar kita. Jadi, buatlah jus ketika hendak diminum.

Perlu diingat, meski jus buah lebih disukai anak-anak. Sistem pencernaan mereka sebaiknya tetap dibiasakan mencerna buah potong /buah segar. Hal ini dilakukan agar anak-anak terbebas dari sembelit (susah buang air). Jadi, perlunya tetap mengonsumsi buah segar karena serat buat bermanfaat bagi lambung dan usus. Saat proses mengunyah, lambung akan bekerja dan membakar kira-kira 20 kkal.

Untuk kebutuhan harian, konsumsi buah yang ideal adalah 2-3 porsi perhari. Buah menjadi penting diasup setiap hari karena buah adalah sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk membantu metabolisme energi, mengatur pertumbuhan dan berperan penting dalam pemeliharaan fungsi tubuh.

Memang, tubuh sebenarnya membutuhkan vitamin dan mineral dalam jumlah yang sangat kecil, namun sebagian besar vitamin dan mineral tidak dapat dibentuk oleh tubuh. Oleh sebab itu, untuk mendapatkannya harus didatangkan dari makanan, salah satunya dari buah potong segar ataupun jus.

Agar mendapat nutrisi yang beragam, ada tips dalam mengkonsumsi buah. Sebaiknya 2 atau 3 porsi sehari itu, kita memakan buah yang berbeda-beda. Sebagai contoh : misalnya pagi hari makan pisang, siang hari jeruk, dan malam hari makan buah pepaya. Makan pisang mengandung asam folat baik untuk ibu hamil, selain itu diperkaya dengan vitamin A dan B6 yang membantu menjaga imunitas tubuh. Jeruk sendiri dikenal sebagai sumber vitamin C yang digunakan untuk kekebalan tubuh. Dan pepaya bagus untuk menghaluskan kulit dan mengatasi radikal bebas yang terperangkap pada kulit karena mengandung vitamin E.

Jadi mulailah konsumsi buah setiap hari 2 – 3 porsi. Jika Anda sedang malas makan buah, boleh sekali-kali Anda jus, namun bila ingin mendapat manfaat maksimal maka konsumsilah buah potong / buah segar. Buah segar selain masih mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan, nutrisi yang terkandung dalam buah segar juga masih dalam struktur yang baik walaupun nutrisi jus buah lebih mudah diserap tubuh.

No comments: