Friday, July 4, 2014

4 Tips Meningkatkan Metabolisme Tubuh

4 Tips Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Tahukah Anda Bahwa Kegemukan atau Terlalu Kurusnya badan dapat saja berpengaruh pada terganggunya proses metabolisme, lho kok bisa ya? Sebab proses metabolisme itu ada 2 yaitu menguraikan makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi bagian-bagian kecil dan juga proses penyerapan nutrisi makanan yang telah diuraikan.

Nah proses metabolisme yang terlalu cepat terkadang bisa mengakibatkan kegemukan, dan proses metabolisme yang lambat cenderung membuat manusia menjadi tampak kurus. Nah Proses metabolisme sendiri yang terkadang cepat atau terkadang lambat ini sebenarnya tidak hany dipengaruhi oleh konsumsi makanan dan olahraga saja. Bahkan kegiatan fisik sehari-hari yang tampaknya tidak berpengaruh terhadap kegemukan ternyata juga bisa berkontribusi besar pada proses metabolisme tubuh.

Nah kini kita sudah tahu bahwa naik-turunnya berat badan serta proses tertimbunnya lemak dalam tubuh bisa saja karena proses metabolisme yang terganggu. Lalu apa saja kebiasaan atau kegiatan sehari-hari yang dapat merusak proses metabolisme ini?

Makanan Tidak Pedas

Sebuah penelitian dari Jurnal Apepetite menemukan fakta bahwa ketika orang menambahkan cabai merah pada hidangan makan malamnya, maka mereka akan merasa lebih kenyang daripada yang tidak memakainya. Perhitungan kasarnya, makanan dengan rasa pedas akan membuat orang makan 30 persen lebih sedikit dibandingkan mereka yang makan makanan yang tidak pedas sama sekali.

Dalam penelitian tersebut merekomendasikan agar setiap orang dapat menambahkan rasa pedas ke dalam makanannya dengan cara memasukan paprika jenis capsaicin yang diketahui dapat mempercepat metabolisme. Kenapa bisa seperti itu? Sebab paprika merah yang dikonsumsi akan mengontrol pelepasan hormon yang mengatur nafsu makan serta meningkatkan kadar hormon stres pemicu keinginan makan.

Duduk Terlalu Sering

Nah setelah membaca ini Anda langsung mengerti, Jangan Duduk Terlalu sering. Kenapa tidak boleh? Sebab duduk selama tiga jam atau lebih per hari ternyata berpengaruh terhadap 74 persen peningkatan risiko sindrom metabolisme penyebab diabetes, penyakit jantung, obesitas, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi.

Selain itu juga orang yang banyak duduk menandakan dirinya sedikit sekali bergerak, sehingga menyebabkan otot tidak bekerja terlalu keras untuk membakar lemak dan berdampak pada sensitivitas hormon insulin.

Tidak Mencuci Bersih Bahan Makanan

Bahan makanan sekarang ini mungkin sudah mengandung banyak radikal bebas, sehingga dapat mengganggu kerja tubuh ketika kita memakannya. Hal ini diperkuat dengan sebuah studi pada tahun 2012 di Amerika, kesehatan lingkungan sangat terkait dengan polusi lingkungan, seperti pestisida yang digunakan pada sayuran dan buah-buahan.

Penelitian tersebut menemukan fakta bahwa dalam sel laboratorium, polutan tersimpan di jaringan lemak yang menyebabkan peradangan dan akhirnya berpengaruh pada jalur pengaturan metabolisme. Lalu bagaimana solusinya? Pilihlah produk organik, baik itu dari air penyiramannya, pupuk yang digunakannya serta anti hama yang dipakainya. Tanyakanlah hal itu pada penjualnya, jika mereka menjawab adanya penggunaan bahan-bahan kimia, sebaiknya hindari sayuran tersebut dan beralihlah ke organik yang lebih sehat.

Jarang Mencuci tangan

Beruntunglah bagi para muslim yang setiap hari sedikitnya 5 kali mereka mencucui tangan saat ingin ibadah, sebab mencuci tangan ini dapat mengurangi terinfeksinya berbagai virus yang membuat sakit dan mengganggu metabolisme tubuh. Menurut peneliti di Pennington Biomedical Center di Universitas Louisiana, ternyata ada hubungan antara virus pernapasan yang disebut adenovirus-36 dengan obesitas, seperti sebuah virus yang muncul menjadi sel induk sel lemak. Untuk itu, cucilah tangan sampai bersih untuk mengurangi risiko terkena infeksi virus tersebut.


Itulah dia keempat cara untuk meningkatkan metabolisme tubuh, silakan praktekan salah satunya. Namun jika Anda menginginkan hasil maksimal, lakukanlah kelima tips tersebut untuk meningkatnya metabolisme dengan cepat.

No comments: