Monday, July 14, 2014

Bercinta Saat Hamil Muda



Hamil Muda adalah kondisi dimana usia kehamilan masi sangat rentan. Ibu yang sedang hamil muda tentunya harus berhati-hati menjaga kondisi serta beraktifitas agar tidak membahayakan janin yang ada dalam kandungannya yang masih rentan. Lantas apakah aktifitas bercinta di masa hamil muda ini dapat mengancam kesehatan ibu dan jabang bayi? Hal inilah yang sering menjadi pertanyaan pasangan yang sedang hamil muda.

Seperti pernah dilansir oleh Liputan6.com, seorang spesialis Kebidanan dan Kandungan dari Jerman, yaitu Dr. Caroline Tirtajasa, Sp.OG(K) menganjurkan agar aktifitas bercinta sebaiknya dihentikn pada saat istri sedang hamil muda. Menurut beliau, kandungan senyawa prostaglandin pada sperma dapat memicu rasa mulas pada ibu hamil. Ia juga menganjurkan agar menunggu waktu dimana usia kandungan telah melewati 14 minggu dimana proses plasentasi telah sempurna barulah suami istri boleh melakukan hubungan suami istri.

Namun berbeda yang diutarakan oleh Konsultan Seks dr. Boyke Dian Nugraha, SpOG, dimana beliau mengatakan bahwa hubungan seks (berbagai posisi) aman dilakukan pada usia kandungan di bawah 12 minggu.

Seorang seksolog dan pengajar dari Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara, Dr Andri Wanananda menyampaikan kepada detikHealth bahwa selama wanita menginginkannya, bercinta selama masa hamil dapat dilakukan tanpa perlu takut membahayakan janin, asalkan posisi dan teknik harus diatur sedemikian rupa demi kenyamanan sang perempuan yang sedang hamil dan tidak membebani rahim.

Bagaimana dengan anda? Ingin bercinta saat hamil muda?

No comments: