Thursday, May 8, 2014

Siang Hari Cenderung Digunakan Orang Untuk Berbohong, Benarkah ?


Berbohong merupakan hal yang 'lumrah' bagi setiap manusia, namun tahukah anda, bahwa kebiasaan orang berbohong itu lebih sering terjadi pada siang hari lho. Sebuah studi mengenai psikologi bahkan menyebutkan, pada siang hari orang-orang cenderung lebih pemalas, gampang berbohong, dan senang bergosip.

"Sejak kita bangun pada pagi hari, rutinitas sehari-hari membutuhkan pengendalian diri. Sejak pagi kita sudah harus membuat keputusan; sarapan dengan menu apa, pergi naik apa, termasuk harus memikirkan kata-kata yang tepat kepada orang lain. Setiap orang mengatur dan mengendalikan keinginan mereka," tutur Maryan Kouchaki dan Isaac Smith, peneliti bidang psikologi dari Universitas Harvard, Amerika Serikat.

Menurutnya, kebiasaan orang untuk berbohong itu biasanya dilakukan tidak di pagi hari, pasalnya pada pagi hari orang lebih gampang berbuat baik serta lebih mentoleransi dibanding waktu-waktu lainnya."Dengan kata lain, seseorang lebih gampang untuk bersikap sopan dan baik, serta menahan godaan pada pagi hari dibanding pada waktu lain," jelasnya.

Pada pagi hari, biasanya orang cenderung mempunyai perasaan optimis pada diri sendiri, namun dengan serangkaian aktifitas yang telah terjadi, biasanya mood di siang hari berubah drastis, terlagi ada beberapa terget yang belum tercapai.Penelitian juga menunjukkan, kemampuan mengendalikan diri cenderung berkurang pada siang hari. Selain itu, pada siang hari seseorang juga lebih mungkin untuk berbohong atau bergosip.

Menyikapi "kelemahan" manusia ini, tentu kita harus belajar untuk menyikapi kesibukan kita. Tugas-tugas yang sulit dan membutuhkan pemikiran yang matang, sebaiknya diselesaikan pada pagi hari.

No comments: