Monday, August 4, 2014

Facebook Rugi Rp 14 Miliar Selama Error 1 Jam

Sekitar pukul 23.00 WIB malam, social media milik Mark Zuckerberg kembali mengalami gangguan pada 2 Agustus 2014. Bagi pengguna yang masih begadang dengan akses ke situs Facebook.com, mereka akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan yang berbunyi :

"Sorry, something went wrong. We're working on getting this fixed as soon as we can." 

Notifikasi error itu sendiri ditampilkan jika pengguna mengakses situs pertemanan yang berdominasi warna biru tua tersebut melalui perangkat komputer maupun mobile.

Karena tidak bisanya pengguna mengakses situs tersebut, Business Insider menaksir total kerugian yang diterima facebook karena tidak dapat menampilkan iklan selama kurang lebih 1 jam tersebut sebesar 1,2 juta dollar USD atau sekitar Rp 14 Miliar.

Jika dihitung, angka 1,2 juta dollar amerika ini sendiri berarti 20.700 dollar AS dari sponsor yang beriklan setiap menit di facebook.

Jumlah kerugian yang cukup besar ini sendiri terjadi karena hingga saat ini total pengguna facebook di seluruh dunia berjumlah 1,32 miliar, jumlah pengguna besar ini akan merasa kecewa ketika tidak mengakses facebook ketika down terjadi. 

Jika melihat kondisi ke belakang, facebook pernah mengalami down dengan waktu terpanjang pada bulan oktober 2013, waktu down yang terjadi pada oktober tahun lalu tersebut mencapai 4 jam. Selain itu, pada tahun 2010 juga facebook sempat tumbang selama 2 jam. Jika melihat catatan terakhirnya yang diterima Kompas.com, sudah 3 kali facebook tumbang dari tahun 2010 - 2014. 
Source @ Kompas.com

No comments: