Saturday, December 12, 2015

Ini Dia Gaya Hidup Sehari-Hari Yang Patut Anda Pertimbangkan Kembali



Gaya hidup sehat memang merupakan pilihan. Buat sebagian orang yang sudah menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan tubuh akan berlomba-lomba merubah pola hidup menjadi lebih sehat termasuk melakukan kegiatan-kegiatan yang menunjang kesehatan seperti olah raga hingga program detoks.

Namun sebagian besar masih kurang paham bahwa sebetulnya banyak gaya hidup atau kebiasaan sehari-hari yang sering terlupakan atau mungkin dilakukan dengan salah kaprah sehingga tidak disadari sangat berpengaruh terhadap tingkat kesehatan dan kualitas hidup anda.
Simak beberapa kebiasaan sehari-hari berikut yang mungkin masih sering anda lakukan dan perlu diperbaiki.

Mengonsumsi Pemanis buatan
Banyak yang memilih mengganti konsumsi gula dengan pemanis buatan untuk alasan kesehatan.  Namun ternyata meskipun pemanis buatan ini sering dillaim tidak mengandung kalori, asupan minuman yang mengandung pemanis buatan (termasuk soda) dapat menambah berat badan.
Menurut seorang ahli nutrisi  Rachel Beller, konsumsi pemanis buatan ternyata juga dapat memicu keinginan untuk mengonsumsi perman dan gula, jadi ia menyarankan jika anda sudah terbiasa mengonsumsi pemanis buatan sebaiknya mengurangi secara bertahap untuk melatih ulang indera perasa anda.

Melewatkan waktu makan
Melewatkan waktu makan dipikiran banyak orang akan efektif untuk menurunkan berat badan. Namun kenyataannya, masih menurut Beller, kebiasaan ini justru merupakan penyebab utama kenaikan berat badan.
Dengan melewatkan waktu makan maka metabolisme tubuh anda akan melambat dan membuat anda berkeyakinan jika dunia berhutang makanan pada diri anda. Alhasil anda akan mengonsumsi kalori yang lebih banyak dari yang seharusnya.
Jagalah pola makan anda secara teratur. Anda hanya perlu mengatur jumlah dan apa saja isi porsi makan anda. Utamakan mengonsumsi sayuran, protein tanpa lemak dan karbohidrat kompleks serta kurangi lemak jenuh dari porsi makan anda.

Mengurangi waktu tidur
Tahukah anda bahwa kekurangan waktu tidur telah menjadi faktor terbesar munculnya berbagai gangguan kesehatan pada masyarakat modern?  Memiliki kebiasaan tidur yang sehat dengan jadwal tidur yang teratur pada waktu yang sama akan meningkatkan kualitas hidup anda. Jauhkan gadget dan matikan layar televisi anda minimal 2 jam sebelum waktu tidur anda.

Kebiasaan ngemil sembarangan
Mengunyah makanan kecil diwaktu santai atau di depan tv memang menyenangkan dan karena jenis makanan ini jarang mengenyangkan kita sering tidak menyadari apasaja yang sudah masuk dalam tubuh kita lewat cemilan.
Sama halnya dengan menu makanan utama anda,  asupan cemilan juga harus diatur dan pilihlah jenis cemilan yang sehat, bukan sekedar memuaskan lidah anda.
Cobalah sikat dan bersihkan gigi sehabis makan besar karena dengan cara ini akan mengurangi keinginan anda untuk makan lebih banyak.

Mengonsumsi suplemen secara berlebihan
Entah karena terpengaruh pesona iklan atau mencari kepraktisan, banyak orang memilih untuk mengandalkan suplemen dalam memenuhi kebutuhan gizi dan vitamin bagi tubuh mereka.  Daripada anda menghabiskan banyak uang untuk membeli berbagai vitamin dan obat ajaib lainnya yang berharga mahal, tanpa tahu berapa banyak kandungan kimia yang ada di dalamnya, cobalah kembali kembali memanfaatkan sumber-sumber alami yang ada seperti sayuran dan buah-buahan yang kaya akan antioksidan.

Malas berolahraga
Banyak alasan untuk memulai olahraga secara rutin menjadi suatu perkara yang besar besar. Kesibukan, kekurangan sarana prasarana atau hanya sekedar karena anda benci berkeringat. Padahal hanya perlu untuk mencoba dan memulai, kemudian lakukan secara rutin sedikit demi sedikit, begitu anda berhasil anda akan merasakan peningkatan yang signifikan terhadap kualitas hidup anda.

Ketagihan makanan cepat saji
Banyak penduduk perkotaan yang terperangkap dengan rasa gurih dari jenis-jenis makanan cepat saji hingga tak sanggup untuk melawan godaan mengonsumsi lagi dan lagi. Apalagi mereka yang sudah terbiasa sejak kecil.  Padahal masih banyak pilihan makanan enak lainnya yang jauh lebih sehat. Untuk kasus ini anda hanya perlu menyadari betapa pentingnya untuk hidup lebih sehat dan terus membangkitkan motivasi itu dalam diri anda.

No comments: