Monday, November 9, 2015

Kehidupan Seks Yang Sehat Membangun Keharmonisan Rumah Tangga


Masih banyak orang yang menganggap bahwa kegiatan seksual hanyalah merupakan pemenuhan kebutuhan biologis belaka sehingga mereka tidak merasa perlu untuk memiliki kehidupan seks yang sehat. Padahal aktifitas seks sudah terbukti cukup bermanfaat bagi kesehatan dan kehidupan seks yang sehat juga cukup berperan dalam mempertahankan keharmonisan rumah tangga.

Seks yang sehat harus memenuhi dua fungsi yaitu prokreatif atau fungsi untuk menghasilkan keturunan serta rekreatif atau fungsi kesenangan. Untuk memiliki kehidupan seks yang sehat harus dapat memenuhi kedua fungsi tersebut.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Sexual Wellbeing Global Survey pada tahun 2011, ternyata kehidupan seks orang Indonesia sudah cukup baik dimana sebanyak 90 persen pria dan 87 persen wanita Indonesia menikmati hubungan seks yang sehat.

Kurang lebih ada 95 persen wanita Indonesia sepakat bahwa berhubungan seks dapat mendekatkan mereka dan pasangan secara emosional. Ketika sedang berhubungan intim, para wanita ini merasa dicintai.

Hasil lainnya dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa 7 dari 10 pria dan 8 dari 10 wanita setuju bahwa aspek-aspek emosional ketika sedang berhubungan seks merupakan faktor yang penting. Aspek emosional tersebut antara lain seperti perasaan dicintai dan dihormati serta saling mengenal lebih mendalam dengan pasangan.

Namun demikian, ternyata masih cukup banyak pasangan yang menikah dengan persepsi bahwa seks adalah faktor yang paling penting dalam pernikahan. Alhasil orientasi hubungan suami istri mereka hanya melulu tentang seks. Kehidupan seks merekapun hanya fokus pada teknik, posisi, frekuensi dan hal-hal fisik lainnya. Perilaku seperti ini akan menjadikan seks terasa sebagai beban.  Padahal seks merupakan salah satu aspek yang dapat berperan dalam membangun keharmonisan rumah tangga jika kehidupan seks lebih mementingkan kebersamaan, perpaduan kasih sayang,  rasa saling menghargai, mau berkorban dan tidak mementingkan diri sendiri. Dasar-dasar inilah yang dapat menciptakan kehidupan seks yang sehat dengan pasangan.

1 comment:

steve ruhak said...

Ilmu yang bermanfaat sekali, kehidupan seks dalam rumah tangga sangatlah penting dan penting sekali banyak orang bercerai karena itunya kurang bagus dan banyak juga yang awet karena itu namun walaupun kesemuanya itu bukan dipicu karena masalah sek saja.. saya beruntung mampir ke sini tank sharingnya...
Baju Hamil Muslim