Wednesday, November 4, 2015

Cegah Pikun Dengan Latihan Kardio


Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya penurunan daya ingat pada manusia dimana salah satu faktor yang tidak dapat dihindari adalah penuaan karena pertambahan usia karena otak manusia akan bertambah tua seiring pertambahan usia, dimana kemampuan berpikir, mengingat, menganalisa masalah ataupun mencari solusi akan terus berkurang ketika kerusakan pada sel-sel otak mulai terjadi.

Namun kabar baik datang dari sebuah hasil studi yang dimuat dalam jurnal PLOS yang menunjukkan bahwa anda dapat mempertahankan daya ingat anda hingga usia tua.

Para peneiliti merancang sebuah studi yang diberlakukan pada sekelompok tikus yang usianya setara dengan usia 40-50 tahun pada manusia. Studi yang dilakukan menggunakan berbagai teknik dan alat untuk menganalisa kemampuan otak dimana tikus-tikus ini diberikan roda yang berjalan supaya mereka lebih aktif bergerak dan berlari. Ketika tikus-tikus tersebut mencapai usia yang setara dengan usia 60 tahun pada manusia, kondisi otak mereka mulai diteliti.

Terbukti bahwa tikus-tikus yang aktif bergerak mengalami peningkatan motivasi dan kemampuan berpikir yang biasanya jarang terjadi karena proses penuaan.

Selain itu juga berhasil diamati bahwa aktifitas olahraga mampu menjaga lapisan luar otak bernama pericyte secara signifikan. Pericyte ini sangat berperan dalam menjaga stabilitas dan sistem kardiovaskular serta berperan menjaga kelancaran peredaran darah di dalam otak untuk menunjang kemampuan berpikir. Biasanya pericyte akan hilang seiring dengan pertambahan usia seseorang.

Hal penting lain yang ditunjukkan dari hasil latihan kardio tersebut adalah tidak munculnya gen Apoe yaitu salah satu gen yang biasa muncul di usia tua dan memiliki pengaruh yang kuat terhadap Alzheimer.

Dari hasil studi ini para peneliti menganjurkan agar anda melakukan latihan kardio seperti aerobik setiap hari untuk mempertahankan kekuatan daya ingat anda. Selain dengan latihan rutin ini juga akan membawa anda ke usia tua yang lebih sehat dan bugar.

No comments: