Saturday, May 9, 2015

Perbedaan Kanker, Tumor dan Kista di Payudara


Sebagian besar wanita masih tidak dapat membedakan antara kista, tumor dan kanker pada payudara sehingga tidak jarang ada yang panik ketika mendeteksi kemungkinan adanya salah satu penyakit ini di payudara mereka. Atau sebaliknya ada juga yang justru menyepelekan.

Berikut perbedaan dan keterangan-keterangan bermanfaat seputar kista, tumor dan kanker pada payudara wanita yang dipaparkan oleh Walta Gautama, seorang spesialis Onkologi :


  • Pada dasarnya baik kanker, tumor maupun kista memiliki gejala yang sama berupa timbulnya benjolan di bagian payudara.
  • Benjolan kanker biasanya keras dan hanya ditemukan di satu sisi payudara sedangkan benjolan kista sering berpindah-pindah atau berjalan.
  • Benjolan kanker biasanya sakit jika ditekan dan pinggiran benjolannya tidak rata.
  • Baik kista maupun kanker merupakan golongan tumor. Jika kista merupakan benjolan tumor yang isinya cair, kanker merupakan tumor padat yang lebih ganas.
  • Biasanya kista bisa hilang seiring wanita memasuki masa menopause.
  • Adanya mitos yang berkembang di masyarakat bahwa tumor jinak atau kista jika dioperasi dapat mengakibatkan kanker menyebabkan banyak wanita yang salah penanganan terhadap tumor yang mereka derita. Mitos ini berkembang kuat karena beberapa orang yang pernah dioperasi dan kemudian terkena kanker telah menyebarkan isu bahwa operasi justru dapat menyebabkan kanker. Padahal kasus seperti ini hanyalah 10 persen dari total kasus.
  • Sebaiknya wanita melakukan pemeriksaan payudara secara berkala selama 6 bulan sekali dan juga melakukan pemeriksaan di daerah payudara 7 hari setelah haid pada saat hormon esterogen sedang rendah. Untuk wanita yang sudah memasuki masa menopause, pemeriksaan dapat dilakukan kapan saja asalkan di tanggal yang sama.
  • Secara statistik, pada kanker stadium 1 terdapat benjolan dengan ukuran sekitar 2 cm dan dapat mencapai kesembuhan 100%; untuk kanker payudara stadium 2 dapat mencapai kesebuhan hingga 80%; stadium 3 kesembuhan 60% dan stadium 4 dapat mencapai kesembuhan hingga 20%.


No comments: