Saturday, May 9, 2015

Benarkah Produk Mengandung Glukosamin Dapat Atasi Gangguan Sendi?


Akibat penuaan, terjadi penipisan tulang rawan di daerah persendian yang kemudian sering menyebabkan timbulnya gangguan sendi. Bersamaan dengan itu juga makin banyak produk kesehatan (suplemen) yang mengklaim dapat mengembalikan kerusakan pada sendi ini dimana kebanyakan produk yang ditawarkan mengandung glukosamin.

Lantas apakah benar bahwa produk-produk yang mengandung glukosamin ini dapat memperbaiki gangguan sendi ini?

Sapto Adji Hardjosworo , seorang dokter spesialis ortopedi RS Premier Bintaro mengatakan bahwa tidak sepenuhnya benar produk-produk mengandung glukosamin dapat memperbaiki kondisi sendi yang rusak, karena  untuk dapat mencapai bagian sendi dan mengembalikan kondisi tulang rawan pelapis sendi maka glukosamin yang dikonsumsi haruslah dalam jumlah banyak sedangkan glukosamin pada produk-produk suplemen dan susu jumlahnya sangat sedikit karena harus dikonsumsi dengan cara diminum. Atau ada juga yang dalam bentuk produk oles seperti salep.

Menurut Sapto, kandungan glukosamin yang terlalu sedikit pada produk-produk tersebut belum tentu mampu memulihkan kondisi tulang rawan yang sudah terkikis pada sendi.

Glukosamin memang merupakan salah satu bahan penyusun tulang rawan pada sendi manusia sehingga dengan mengkonsumsi produk yang mengandung glukosamin diharapkan mengembalikan tulang rawan yang menipis karena proses penuaan. Namun pada kenyataannya tulang rawan pada sendi sangat sedikit dialiri darah karena minimnya pembuluh darah di bagian ini, artinya glukosamin yang dikonsumsipun akan sulit untuk mencapai bagian tulang rawan ini.

No comments: