Monday, June 23, 2014

Penting Variasi dalam Berolahraga

Hobi di satu olahraga memang lebih baik daripada tidak berolahraga sama sekali. Namun penuturan dokter spesialis olahraga Grace Tumbelaka dalam konferensi pers Exercise is Medicine seyogyanya patut Anda pertimbangkan, "Ketika seseorang hanya melakukan satu jenis latihan olahraga saja, maka kemampuan motorik yang terlatih hanya pada bagian tertentu saja".

"Contohnya saja, ketika Anda sering melakukan lari pagi karena ingin mendapatkan kebugaran, itu benar. Tapi yang terlatih hanyalah otot kaki saja. Berbeda hasilnya jika Anda mau mengkombinasikan dengan angkat beban misalnya untuk melatih otot tangan atau bersepeda untuk latihan keseimbangan," terangnya.

Oleh karena itu, Grace menghimbau kepada masyarakat untuk mau melakukan variasi pada latihan olahraga yang dilakukannya. Contohnya, dalam satu minggu, Sabtu berlari, senin rabu jalan, dan jumat bersepeda. Grace menambahkan, "Pilihan olahraga dapat ditentukan masing-masing individu dengan minat dan fasilitas yang ada. Namun rambu-rambu yang penting adalah memilih jenis olahraga yang bersifat aerobik".

Contoh olahraga aerobik seperti Jogging, bersepeda, lompat tali, renang atau senam aerobik. Selain menjaga kebugaran tubuh, olahraga juga mampu memberikan terapi kesembuhan. Jadi berolahraga untuk kesehatan Anda bukan untuk memperlancar penurunan berat Anda ya... :) 

No comments: