Monday, January 18, 2016

Menurunkan Resiko Kanker Dengan Cara Mudah dan Alami


Kanker, salah satu peyakit degeneratif  yang menduduki peringkat kedua sebagai penyakit paling mematikan setelah penyakit jantung. Penyebab penyakit ini cukup sulit dideteksi dan beragam.  Selain faktor genetik, faktor gaya hidup yang tidak sehat merupakan pencetus utama munculnya penyakit ini.

Mengingat proses pengobatan dan penyembuhan penyakit kanker relatif tidak mudah, maka alangkah lebih baik jika kita melakukan pencegahan daripada mengobati.

Berikut ini adalah cara-cara alami untuk menurunkan resiko kanker.

Pola Makan Sehat
Mengonsumsi atau memiliki pola makan makanan sehat dapat mengurangi resiko kanker hingga 40%.  Selalu sertakan sayuran dalam menu harian anda dan konsumsi buah-buahan segar minimal tiga porsi sehari. Sebisa mungkin hindari junk food dan makanan-makanan yang berkalori tinggi.

Banyak Asupan Cairan
Air sangat berperan dalam mencegah kanker kandung kemih. Air membantu mengeluarkan racun pemicu kanker dari dalam urin dan membersihkan kandung kemih. Minumlah air minimal dua liter setiap hari. Mengonsumsi jus buah dan sayuran juga akan menurunkan risiko kanker.

Rutin Berolahraga
Melakukan olahraga secara teratur dapat menekan resiko kanker hingga 20%. Luangkan waktu untuk berolahraga minimal 3 kali seminggu.  Lakukan olahraga apa saja yang sesuai dengan kondisi dan waktu luang anda. Dengan olahraga berjalan kaki selama dua puluh menit setiap hari sudah cukup untuk menurunkan resiko kanker pada tubuh anda. Selain itu dengan olahraga dapat menjaga berat badan ideal anda.

Konsumsi Kafein
Anda penggemar kopi? Berbahagialah, karena seorang pecandu kopi ternyata dapat menurunkan resiko kanker otak hingga 40%. Dari berbagai penelitian membuktikan bahwa kafein memiliki agen yang membantu menekan pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Asupan kafein dengan takaran yang tepat dapat menjaga kesehatan tubuh anda.

Tingkatkan Asupan Kalsium dan Vitamin D
Perbanyak konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D serta tambahkan asupan suplemen kalsium 1-2 kali seminggu untuk menurunkan resiko terkena kanker tulang.

Jauhkan Ponsel
Meskipun belum ada bukti ilmiah yang menghubungkan antara radiasi ponsel dengan kanker otak namun beberapa studi menunjukkan adanya hubungan kanker otak dengan radiasi ponsel. Jadi tidak ada salahnya anda berjaga-jaga dengan menjauhkan ponsel ketika tidak sedang digunakan, terutama ketika sedang tidur.

Jangan abaikan rasa sakit
Jika anda merasa nyeri atau sakit di bagian tubuh jangan diabaikan karena bukan tidak mungkin itu adalah tanda penyakit berbahaya. Segera periksakan ke dokter, terutama jika anda merasakan nyeri di bagian panggul, payudara atau kepala.

No comments: