Tuesday, December 24, 2013

Photoelectric smoke detector

Photoelectric smoke detector adalah salah satu alat yang digunakan untuk fire alarm system. Alat ini bekerja dengan cara membiaskan cahaya lampu LED jika ada asap yang masuk ke dalam ruang pendeteksi asap atau detection chamber. Asap akan membelokkan atau memantulkan cahaya LED hingga menyentuh sensor dan mengaktifkan alarm.
Dalam kondisi tidak mendeteksi asap, cahaya LED dipancarkan dari satu ujung ke ujung lainnya tanpa menyentuh sensor. Tetapi ketika asap masuk ke dalam ruang deteksi, pancaran cahaya LED akan terhalang dan terdistorsi sehingga cahaya membelok kemudian menabrak area sensor. Alarmpun akan berbunyi.
Photoelectric smoke detector yang tidak terlalu sensitif terhadap asap kecil dapat mengurangi kemungkinan terjadinya alaram palsu. Untuk itu alat ini sangat sesuai digunakan di ruang tamu atau dapur. Asap yang dihasilkan dari asap rokok ataupun alat memasak tidak akan mampu memicu alarm. Sebaliknya jika terjadi kebakaran yang sebenarnya, perlengkapan ruang tamu dan dapur umumnya memiliki proses pembakaran yang lambat dan banyak menghasilkan asap sehingga akan memicu alarm menjadi aktif.
Photoelectric smoke detector harus dibersihkan secara teratur karena fungsi alat sensornya dapat terganggu karena menebalnya debu dan serangga di dalam alat. Pelajari lebih lanjut mengenai alat ini di website pemadamapionline.com

No comments: